Jumat, 05 November 2010

Cara efektif meredakan Nyeri (apapun), TANPA OBAT!!!

Kebanyakan orang pasti mengkonsumsi obat-obatan untuk meredakan yang dia derita (nyeri asam urat, cidera fisik, rematik, dsb). Dokter juga pasti memberikan obat-obatan untuk meredakan nyeri. Padahal obat adalah substansi kimia lho... obat sebenarnya adalah racun bagi tubuh kita (bermanfaat bila dokonsumsi sesuai dosis, berbahaya jika dikonsumsi tidak sesuai dosis). Banyak kasus terjadinya keracunan obat,kalaupun tidak terjadi keracunan tetap saja terjadi penumpukan zat kimia di dalam tubuh dalam jangka waktu panjang. Dan organ yang rawan rusak adalah HATI dan GINJAL.

Hati berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh (dalam hal ini obat juga termasuk, karena merupakan substansi kimia). Bayangkan, sekarang berapa usia anda? berarti sudah berapa lama Hati anda bekerja?? mesin aja bisa rusak
demikian pula dengan ginjal, fungsi ginjal yaitu untuk proses filtrasi darah. jika terus menerus terkena paparan substansi kimia ginjalpun akan rusak!


Oleh karena itu janganlah kita terlalu membiasakan mengkonsumsi obat. sakit sedikit obat, apa-apa obat, beuh...

Menurut International Association for Study of Pain (IASP), nyeri adalah sensori subyektif dan emosional yang tidak menyenangkan yang didapat terkait dengan kerusakan jaringan aktual maupun ptensial, atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan.

Modalitas fisik dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Diantaranya adalah mencakup Stimulasi Kutaneus (panas, dingin, massase, dan vibrasi), stimulasi saraf transkutaneus, refleksologi, sentuhan terapeutik, dan akupresure atau akupungtur (Oman, dalam Muttaqin 2008).
haha, saya sok ilmiah banget ya? hehe'
maap2.. itu diatas adalah cuplikan dari skripsi yang sedang saya kerjakan.

oke, sekarang kita bahas 1/1 (satu per satu maksudnya) trik meredakan nyeri tanpa obat.
  • berikan kompres hangat pada daerah yang terasa nyeri, hal ini akan memprlancar aliran darah di daerah luka sehingga menurunkan nyeri.
  • berikan pijatan, tetapi jangan pijat daerah yang terluka/nyeri. teknik yang popular adalah teknik pijat punggung. pemberian usapan pada punggung akan melepaskan hormon yang memblok reseptor nyeri di otak, sehingga otak tidak mempersepsikan nyeri.
  • teknik relaksasi nafas dalam, tarik nafas dari hidung dalam-dalam, tahan 3 detik, dan keluarkan perlahan lewat mulut
  • tinggikan daerah yang nyeri saat tidur, hal ini akan mengurangi tekanan pada daerah yang cidera.
  • nonton tv, main game, online, (lakukan kegiatan menyenangkan yang tidak menguras tenaga/memperburuk cidera). hal ini disebut dengan teknik pengalihan. dimana perhatian otak kita akan fokus pada permainan kita dan tidak berfokus pada nyeri 
dan yang terakhi ini adalah cara yang paling ampuh: suruh pacar menjenguk kita, lalu suruh pacar tidur disamping kita. dijamin kita bakal selalu merasa nyaman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar