Minggu, 07 November 2010

Amnesia tidak bisa disembuhkan dengan membenturkan kepala

Banyak orang-orang awam di Indonesia yang salah kaprah bahwa salah satu cara menyembuhka Amnesia (lupa ingatan) bisa disembuhkan dengan membenturkan kepala. Pemahaman ini mereka dapatkan akitbat dari terlalu banyak menonton sinetron yang tidak mendidik. Hmmm..
Amnesia adalah hilangnya memori (baik memori jangka pendek, atau jangka panjang) akibat dari kerusakkan sel-sel otak. Biasanya disebabkan karena trauma fisik seperti kecelakaan (benturan keras pada kepala) bisa juga akibat sengatan listrik. Bagian yang rusak/ cidera adalah bagian Otak besar (cerebrum) pada bagian Frontali (otak bagian depan), karena pada Otak besar terdapat Korteks otak besar (cerebral kortex). Pada bagian inilah memori kita disimpan. Oleh karena itu jika bagian ini rusak maka kita akan kehilangan memori (hilang ingatan/ amnesia).
Namun ada stigma yang beranggapan bahwa dengan
membenturkan kepala maka amnesia dapat disembuhkan. hal ini jelas salah kaprah. Bagaimana tidak? wong sudah rusak ko malah dibenturkan lagi, yang ada malah tambah rusak.

1 komentar:

  1. YouTube Player: "For those of you who don't know, youtube is a
    YouTube Player: “For those of you who don't know, youtube is a gambling platform youtube to mp3 that has become the place for people to learn all about casino games.

    BalasHapus